Belajar memberkati orang jika engkau mau diberkati orang

Kewarganegaraan 2

Keamanan Nasional Memprihatinkan, Kepentingan Jaringan Internasional Menjadi Anc

Markas Besar TNI melakukan rapat pimpinan tertutup mulai Rabu sampai Kamis (14/2), sementara sejumlah menteri dan kepala staf akan memberikan ceramah dalam rapat yang dihadiri para Pangkotama dan perwira teras TNI itu. Rapim itu dibuka Panglima TNI Laksamana Widodo AS dan akan selesai pada Kamis yang dilanjutkan dengan jumpa pers. Para perwira teras TNI yang terlihat hadir di Rapim itu, di antaranya Kasum TNI Letjen Djamari Chaniago dan Kapuspen TNI Marsda Graito Usodo. Para menteri yang akan memberikan ceramah adalah Menko Polkam Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Luar Negeri Hassan Wirayudha, Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno, dan Menpan Feisal Tamin. Kapolri Jenderal Da’i Bachtiar, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Endriartono Sutarto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Indroko S, dan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Hanafie Asnan akan memberikan pengarahan dalam Rapim tersebut. Seusai Rapim Mabes TNI itu, Markas Besar TNI AD juga akan melaksanakan Rapim TNI AD pada Jumat (15/2), di Mabes TNI AD Jakarta.

Memprihatinkan
Sementara itu Menhan Matori Abdul Djalil kepada peserta Rapat Pimpinan TNI di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu, menegaskan, keadaan keamanan nasional saat ini masih memprihatinkan, sehingga diperlukan segera penanganan yang serius.

Menhan mengatakan kondisi keamanan yang memprihatinkan itu terlihat dari berbagai permasalahan di daerah yang belum terselesaikan, di antaranya kehidupan politik yang belum serasi antara pusat dan daerah, serta penegakan HAM dan hukum yang belum memenuhi ketentuan. Ditegaskannya, permasalahan itu mengakibatkan melemahnya ketahanan nasional atau masyarakat, seperti yang terlihat di Aceh dan Papua.

Kepada perwira teras TNI, Menhan mengatakan keandalan kemampuan pertahanan negara sangat ditentukan oleh kesiapan sumber daya logistik yang ada di wilayah, dan itu bisa dilakukan melalui pembinaan teritorial. Menhan mengatakan berkaitan dengan otonomi fungsi pertahanan di daerah, maka pembinaan teritorial sebagai bagian sistem pertahanan negara harus dilakukan secara terpadu antara berbagai lembaga yang terdapat di daerah.

Jaringan Internasional

Sementara itu Panglima TNI Laksamana Widodo AS dalam Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu, menegaskan penggunaan wilayah Indonesia untuk “kepentingan jaringan internasional” menjadi ancaman potensial terhadap pertahanan negara. Hal lain yang potensial menjadi ancaman adalah masalah perbatasan, “transnational crime”, “illegal entry”, gangguan pengacau liar dengan kemungkinan kehadiran kekuatan asing, eksploitasi sumber daya alam oleh pihak asing secara tidak sah, dan separatisme baik ide, wacana politik maupun manifestasinya dalam bentuk gerakan bersenjata. Selain itu, Panglima TNI dalam pengarahannya kepada para Pangkotama dan perwira teras TNI itu mengatakan, krisis multi dimensi yang dihadapi Indonesia juga potensial menjadi ancaman atas pertahanan negara. Dia mengatakan pelaksanaan Rapim TNI tahun 2002 itu diharapkan memberikan pemahaman yang utuh tentang masalah yang sedang dihadapi TNI, dan memahami kebijakan pimpinan TNI akan tugas TNI sebagai kekuatan pertahanan negara. TNI dalam melaksanakan tugas pada masa depan diminta untuk memantapkan kesiapan operasional satuan, melanjutkan reformasi internal TNI, serta menegakkan simbol-simbol kedaulatan negara (terutama dalam menghadapi gerakan separatisme di Aceh dan Papua). Selain itu, Widodo AS mengatakan masalah operasional yang dihadapi TNI tahun 2002 adalah kompleksitas dan intensitas penugasan operasional yang sangat tinggi. Namun, katanya, penggunaan kekuatan TNI atas perintah Panglima TNI berdasarkan keputusan politik pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: